Pentingnya Memurnikan Niat (Motivasi Penggerak Amal) Dalam Melaksanakan Amal Shalih

Dari Amirul Mukminin, Abu Hafs Umar bin Al Khattab r.a., dia berkata: Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Barang siapa yang hijrahnya karena Alloh dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Alloh dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya, atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sebagaimana yang dia niatkan.

(Hadits riwayat dua imam ahli hadits, yaitu Abu Abdillah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Bardizbah Al Bukhary dan Abu Al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim Al-Qusyairy An-Naisabury, dalam kitab Ash-Shahih yang disusun oleh keduanya. Kitab Ash-Shahih yang disusun oleh kedua imam tersebut merupakan kitab paling shahih di antara kitab-kitab hadits lainnya).

Beberapa pelajaran yang dapat dipetik dari hadist tersebut:

  • Pada dasarnya hijrah merupakan amal shalih, yang diperintahkan oleh Alloh kepada manusia yang beriman. Hijrah dilakukan untuk menjaga kehidupan beragama Islam bagi orang-orang beriman. Ketika hijrah dilaksakan dengan tendensi duniawi (misalkan mengharapkan keuntungan materi, atau untuk mendapatkan wanita/pasangan yang ingin dinikahi), maka hijrah tersebut tidak bernilai apapun di sisi Alloh.
  • Demikian pula amal shalih-amal shalih yang lain, tidak akan bernilai kebaikan di sisi Alloh, jika amal tersebut tidak dilandasi niat yang murni dan tulus untuk mengharapkan keridlaan Alloh.
  • Ikhlas, yaitu memurnikan niat untuk mengharapkan keridlaan Alloh merupakan salah satu syarat diterimanya amal shalih.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Niat merupakan amalan hati.
  • Perbuatan buruk tidak akan menjadi amal shalih, meskipun perbuatan tersebut diniatkan untuk kebaikan. Misalkan mengambil sesuatu yang bukan hak (mencuri, merampok, korupsi) dengan niat untuk membantu fakir-miskin, membuka aurat dengan niat untuk membantu orang-orang lemah.

Ya Alloh, teguhkanlah hati kami dalam ad-din Islam, dan teguhkan hati kami dalam ketaatan kepada-Mu.

Bandung, Jawa Barat.

Senin, 13 Oktober 2008

Iklan
Published in: on 17 Oktober, 2008 at 8:29 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: